SIMPLE, AKURAT, APLIKATIF

STIFIn adalah Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting

Menyambut Ramadhan Based On STIFIn Spiritual


Sebagaimana kita ketahui bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, rahmah dan maghfirah dimana pintu pintu kebaikan Allah Swt buka seluas – luasnya, sebaliknya pintu keburukan ditutup rapat –rapat. Artinya apa? Saat bulan Ramadhan kita sangat terkondisikan dengan mudah melakukan amal ibadah.

Apa kaitanya Ramadhan & STIFIn? Karena STIFIn ini terkait dengan kesuksesan kehidupan seseorang dalam menjalankan misinya sebagai kholifatullah, maka Puasa Ramadhan yang merupakan salah satu rukun Islam pasti akan memberikan dampat positif bagi kehidupa.
Sebagai pembuka bahasan spiritual, saya akan mengutipkan papan salah seorang praktisi STIFIn, Monde Ariezta. Berikut ulasannya.

 Yang akan disampaikan adalah tentang  kelebihan setiap MK yang dapat dioptimalkan dlm aktivitas spiritual khususnya ajaran Islam.

Dalam hal beribadah, tidak dibatasi oleh tipe MK ( Mesin Kecerdasan ). Artinya semua MK dapat melakukan ibadah apapun. Hanya saja dalam konteks amalan atau ibadah yang akan diistiqomahkan dan dilakukan dengan sungguh – sungguh ( Profesional ), STIFIn memberikan rekomendasi. Karena tidak mungkin seseorang akan sempurna istiqomah di SEMUA amalan. Pasti ada satu atau beberapa amalan yang bisa diunggulkan (dawam). Utk itu, pemetaan kekuatan seseorg oleh STIFIn dapat digunakan agar endurance kita utk mengunggulkan suatu amalan dapat berlangsung lbh istiqomah.

Berikut contohnya:
Si : Salah satu kekuatannya adlh tenaga fisiknya dan memori yang baik. Unggulkan di kuantitas ibadah2 yang bersifat fisik, seperti shalat, perbanyak rakaat shalat sunah, membersihkan tempat ibadah, juga mendalami Siroh, zikir, dan tahfidz dgn kuantitas yang banyak dan cepat.
Se : Salah satu ciri khasnya adlh arus cashflownya yang mudah masuk uang dan mudah keluar. Unggulkan di kuantitas ibadah2 yang memanfaatkan pemilikan harta, seperti ZIS, bangun tempat ibadah, bisa jg mengikuti ibadah unggulan Si karena sama2 S.

Ti : Salah satu kelebihannya adlh kefokusan dan analisis. Unggulkan di ibadah khusyu dan memanjangkan surat2 yang dibaca dlm shalat, mendalami tafsir dan hadits, dakwah ilmu fikih, dsb.
Te : Salah satu keunggulannya adlh kekuatan komandonya dan analisis yang meluas. Unggulan ibadahnya bisa berupa jadi imam shalat yang kerap mengatur shaf shalat, mendalami asbabun nuzul, mendalami ilmu muamalah, menjadi pemimpin umat (contoh Habib Rizieq), dan amalan ibadah seperti Ti.

Ii : Salah satu kelebihannya adlh keilmuan dan perut panjang. Unggulan ibadahnya bisa berupa membuat buku2, mendalami terjemah dan tafsir, perbanyak kuantitas puasa (misal puasa daud), mendatangi ulama2.
Ie : Salah satu kelebihannya adlh keilmuan dan perut panjang. Unggulan ibadahnya sama dengan Ii.

Fi : kelebihannya antara lain dr omongannya, keyakinannya, dan baktinya. Unggulan ibadahnya bisa berupa jd dai, mendalami ketauhidan, menjadi qori' yang bacaannya menyentuh hati, jihad, dan bakti kpd ortu.
Fe : Kelebihannya antara lain penempaan manusia, pendengaran, dan hati. Unggulan ibadahnya bisa berupa menjadi guru ngaji, membangun tarbiyah (pendidikan), mendatangi kajian, mendengarkan bacaan Al Qur'an, membaca Al Qur'an dgn suara keras, dan unggulan ibadah Fi

In : Kelebihannya antara lain keserba bisaannya, pengorbanan, dan membangun akses. Unggulan ibadahnya bisa berupa menjadi dai yang serba bisa, dakwah lewat berbagai cara, silaturahim, membangun ukhuwah, sumbang harta, bakti sosial, hingga jihad qital (syahid).

Itulah gambaran unggulan ibadah yang bisa didawamkan masing2 tipe dgn mempertimbangkan kelebihan dan passion mereka, sehingga harapannya saat melakukannya akan lbh konsisten dan memiliki endurance istiqomah yang lbh lama. In syaa Allah.

Dari ‘Aisyah binti Abi Bakr Ash-shiddiq r.a berkata : Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda : “Amalan yang lebih dicintai Allah adalah amalan yang terus-menerus (dawam) dilakukan walaupun sedikit.” (HR Bukhari dan Muslim)


Writted by : Monde Ariezta Al Hassan

Thanks for reading Menyambut Ramadhan Based On STIFIn Spiritual. Please share...!

About Ade Machnun S

Previous
« Prev Post
    Blogger Comment
    Facebook Comment

No Spam, Please...!