SIMPLE, AKURAT, APLIKATIF

STIFIn adalah Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling dan Insting

Telaah #1, #2, #3

Perilaku Berulang
TELAAH 9 Januari 2018

Selalu ada perilaku yang berulang. Sikap yang berulang. Cara memutuskan yang berulang. Bahkan menghadapi masalah yang berulang.


Semua hal-hal yang berulang tersebut jika ditelaah menggunakan 'pisau' STIFIn bersumber dari genetika mereka masing-masing. Patutlah QS 76;1 menyebut bahwa karakter telah dicipta sebelum dimensi waktu. Begitu pentingnya kita mengenali genetika karakter kita sendiri. Insyaallah STIFIn bisa membantu.


Farid Poniman
Penemu STIFIn


===

Merutinkan Kebiasaan Baik
TELAAH 10 Januari 2018


Seberapa banyak kebiasaan-kebiasaan dirutinkan itulah keunggulan dan jaminan keberhasilan seseorang.

Memilih kebiasaan mana yang terbaik untuk dirutinkan sehingga kompetensi dapat diraih itu memerlukan ILMU seperti perlu ilmu/konsep STIFIn. Namun memilih kebiasaan di level yang lebih tinggi itu memerlukan nyali. Untuk dapat nyali itu memerlukan HIDAYAH.


Beruntunglah orang yang terhidayahi sehingga berada di orbit yang lebih tinggi. Beda orbit antara pekerja dan pengusaha. Beda orbit antara pebisnis dan investor. Ingin berada di orbit yang lebih tinggi perlu MENTOR. Baik mentor kompetensi ataupun mentor spiritual. Sebagaimana disebut pada QS 18;17. Mereka yang terhidayahi akan diberi wali mursyid (mentor).


Farid Poniman
Penemu STIFIn


===

Skema Alam Semesta
Telaah 11 Januari 2018 

Alam semesta adalah makro kosmos. Manusia adalah mikro kosmos. Pada keduanya berlaku skema yg sama. Untuk mengetahui kesamaan skema tersebut, tidak perlu pontang panting menunggu hasil peradaban sekian generasi, karena skema tersebut telah tertuang di Al Quran. Karena sunnatullah kosmos tidak pernah berubah QS 48;23.


STIFIn berusaha untuk memahami skema dasar yang sama pada Al Quran, makro kosmos, dan mikro kosmos. Salah satu skema dasar yang menarik yang perlu ditelaah adalah hadist yang bersumber dari Anas bin Malik ra bahwa ada representasi unsur alam dan hubungannya, yaitu: bumi dikalahkan gunung, gunung dikalahkan besi, besi dikalahkan api, api dikalahkan air, dan air dikalahkan angin. Dan jika ingin mengalahkan semua unsur cukup menjadi orang dermawan.


Memahami skema dasar tersebut mempermudah mengenali tentang sifat dasar manusia. Ilmu STIFIn tentang manusia dan hubungan sosialnya tertakluk pada skema dasar tersebut


Farid Poniman, Penemu STIFIn.


#TesSTIFIn #TELAAH #SkemaAlamSemesta #KonsepSTIFIn #STIFInConcept #STIFInQueen #STIFInPusat #STIFIn #JalanKembali


Sumber: IG @STIFInPusat

Thanks for reading Telaah #1, #2, #3. Please share...!

About Unknown

Previous
« Prev Post
    Blogger Comment
    Facebook Comment

No Spam, Please...!